Rabu, 03 Februari 2010

Perawatan Sederhana Mobil Konvesional Platina

Tune-Up Mobil Konvesional Platina


Perawatan sederhana ini untuk mengatasi kendal kendala kecil yang mungkin terjadi pada mobil konvevsianal berpengapian platina, kendala kendala yang dapat di atasi antara lain, mbrebet, knoking, detonasi, dan ngemposnya tenaga mesin.
Biasanya setelah pemakaian yang begitu lama ( Kurang lebih 5000 KM ) maka setelan pada mesin dapat berubah, misalnya pada platina mengalami peranggangan, hal ini menjadikan kinerja mesin tidak dapat bekerja maximum, maka perlu dilakukan penyetelan penyetelan antara lain sebagai berikut :

Periksa filter Udara

Periksalah filter udara, bersihkan dengan angin bertekanan, apabila sudah terlalu kotor perlu diganti, biasanya untuk penggantian berpatokan pada km 8.000 s/d 10.000 Km ( rekomendasi dari mobil ).

Periksa Filter Bensin

Bersihkan dengan angin bertekanan, apa bila sudah terlalu kotor ganti, berpatokan pada km seperti filter udara.

Bersihkan Busi.

Lepas semua busi, Bersihkan elektroda pada busi stel celah busi 0.7-0.8 mm. menggunakan filler gauge. apabila elektroda busi sudah tipis maka perlu di ganti.

Bersihakan dan stel platina

Buka tutup distributor, ambil kepala roror disributor, putar poros engkol sampampai posisi Nok Pada cam distributor pada saat platina membuka penuh, lalu lepas paltina, apa bila kondisi platina masih bagus bersihkan dengan ampals dengan catatan permukaan platina haris Flat/ rata. Apa bila platina sudah krowok atau njarum maka harus di ganti dan kandesor pun juga harus ganti, pasang kembali platina, stel clah platinan antra 0.25 s/d a.30 mm.

Bersihkan kabel busi

Cek kabel Busi dengan AVO Meter, apabila hasil pengecekan lebih besar dari 6 OHM maka gantilah

satelah semuanya dicek dan dibersihkan. Pansang kembali, lalu steter mesin
stel RPM pada posisi 700 s/d 800 rpm Tanpa ac dan 1000 rpm dengan ac
stel angin angin cari putaran mesin paling enak biasanya tutup rapat dulu nangin angin baru di kebdorkan kurang lebih 3 putaran

Itu mungkin sedikit perawatan mobil konvensional. Apa bila dilakukan dengan benar maka kebndala kendala kecil seperti adiatas dapat ter atasi..























Selasa, 02 Februari 2010

Stel Katup

Care penyetelan katup mesin 4 Silinder

Bila klep mulai ngeclek risi ditelinga, maka perlu di setel seperti di bawah..

Putar poros engkol pada posisi pistin top kompresi silinder 1
buka cover penutup katup pada head silinder mesin
periksa katup
pada silinder 1 katup Exs dan IN
pada sinlinder 2 pada katup exs
dan pada silinder3 pada katup in,

Lalu stel katup sesuai dengan celah yang di izinkan ( standar mobil )
dengan cara kendorkan baut pengikat adjuster pada rocker arm, lalu putar ajuster, masukkan filler gauge di celah katup , putar putar adjester sampai celah yang di izinkan,setelah dapat kencangkan moor pengikat pada recker arm, setelan yang bagus tiak terlalu longgar dan rapat, kalau di ukur apaki fuller gauge rasanya pulen, setelah selesai semua , alau putar poros engkol 360 drajat pe, setel katup

silinder 4 katup exs dan in
silinder 3 katup in
silinder 2 katup exs

terus stel katup dengan cara sama seperti daiatas
selamt mencoba,.....

Perawatan mobil Diesel ( Tune Up ) sendiri

Cara merawat Mobil Diesel sendiri

berikut saya tiliskan sedikit perawatan pada mobil diesel, dengan harapan dapat menjadi media belajar bersama, apa bila dalam penulisan ini masih banyak kekurangannya maohon di maklumi. karea amsaih banyak keterbatasan pada penulis.
perawatan perawatannya antar laian

Periksa Filter udara

Bukalah rumahan filter udara lalu keluarkan filter udara dari rumahnya, bersihkan dengan kompresor,. Apa bila sudah terlalu koto maka gantilah, biasanya penggantian filter udara ini pada KM 10.000.

Periksalah Water Sendimenter

Water sendimenter ini biasanya terletak bersampingan dengan filter solar, kendalala yang terjadi disiani biasanya banyak sekali endapan lumpur dari tangki solar dan air,lepas dari dudukannya dan selang selangnya, laulu buka moor pengikat menggunakan kunci filter solat/oli yang teipe rantai / sabuk, cuci dengan air sabun lalu keringkan. dan rakit kembali


Ganti filter solar

Penggantian filter solar ini harus ruti dan berkala, boiasanya pada KM 5.000


periksa juga accu. untuk pengisian air accu sendaklah ditengah tengah garis pembatas antara upper dan lower, karena kalau melampaui garis pembatas upper biasanya accu cepat putu sel seklnya.

lakukan pembledingan pada sistem bahan bakar dengan tujuan mengeluarkan udara palsu yang ada dalam sistem bahan bakar tersebut, dengancara tekan tekan priming pump ( popmpa yang ada di water sendimenter ) pada saat pempa terkeras lalu buka baut napel pada kepala pompa, ulangi brkali kali sampai pada waktu membuka baut neppel yang keluar solar tanpa busa.

satelah dilakukan semua dan urut berati sudah selesai, tinggal hidupkan mesin. cara ini bila dilakukan dengan benar maka penyakit mobil mbrebet mbrebet dan ngempos tenaga bis ter atasi..